Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP

Friday, May 8, 2020

RESEP KAMBING GULING


RESEP KAMBING GULING






Hai gaes gimana penasaran gak nih dengan resep kambing guling? Kalau kamu buka blog ini tandanya pasti kamu penasaran bener gak tuh? Hehehe...


Oke-oke gak usah lama-lama, sini-sini mendekat merapat aku bisikin resepnya.


Jadi begini gaes, Kambing guling adalah sajian istimewa yang sangat mudah membuatnya ( bagi yang sudah terbiasa...yeee kaannn ) 😂.


Ini kambing utuh ya gaes, bukan daging kambing doang. nah apa bisa matang sampai ke dalam?
Tenang... semua ada caranya...


Kamu bisa membuat dua  macam kambing guling, yaitu kambing guling bakar dan kambing guling panggang.


Sedangkan untuk acara pesta, seperti pesta barberque atau pesta perayaan malam tahun baru lebih cocok dibakar menggunakan arang.


BAHAN :
1 ekor kambing muda utuh ukuran sedang, singkirkan jeroan, kaki, kepala dan kulitnya.

BUMBU HALUS :
15 siung bawang putih ukuran sedang2 gram ketumbar150 gram gula merah

BUMBU LAIN :
1 sdt bubuk pala halus1 sdm bubuk lada halus100 ml minyak goreng2 sdm garam250 ml kecap inggris300 ml kecap manis, jahe. Kunyit, ketumbar.

BAHAN SAOS SAMBAL :
150 ml kecap manis10 siung bawang merah iris kasar5 buah tomat ukuran sedang potong dadu kecil2 gram cabe rawit merah30 lembar daun jeruk limau iris halus10 buah Jeruk limau

CARA MEMASAK KAMBING GULING EMPUK :
Jadi nih Kambing di sembelih lalu di bersihkan kulit dan jerohannya setelah itu siapkan tong besar yang telah dimodifikasi atau pesan khusus agar 1 ekor kambing besar muat. kambing di rebus dengan rempah-rempah khas Indonesia, seperti jahe, kunyit, ketumbar, dll dan masukkan garam di kira-kira saja secukupnya.

Rebus sekitar 30 menit, jangan terlalu empuk nanti hancur.

Campur bahan bumbu halus dengan bumbu lain hingga merata dengan baik Lumuri seluruh permukaan daging kambing dengan bumbu hingga merata dan cukup tebal.Diamkan daging kambing yang sudah Anda lumuri tadi selama sekitar 1 jam supaya bumbu meresap. Wadahkan daging kambing dalam baskom besar dan tutup dengan serbet untuk membuat bumbu lebih meresap.

Setelah itu angkat lalu olesi dengan bumbu dan margarin lanjutkan
Dengan membakarnya langsung setelah diberi bumbu rempah-rempah atau mengoven dengan memanggang di dalam oven yang disebut kambing guling panggang.

Atau siapkan arang bakaran dalam ukuran cukup panjang untuk mencakup seluruh permukaan dagin kambing nantinya, siapkan pula gantungan daging yang berjarak sekitar 40 cm dari bara api. Buat gantungan berporos untuk memudahkan Anda memutar daging supaya kematangan daging rata.

Gantungkan daging kambing berbumbu tadi pada gantungan yang sudah Anda siapkan, ratakan seluruh bagian supaya tidak ada bagian yang terllau tebal dari yang lain. Putar-putar daging supaya seluruh bagian daginga matang merata. Biasanya Anda perlu memasak selama sekitar 45 menit – 60 menitan untuk mematangkan seluruh bagian.

Sajikan, hidangkan dengan saos sambal dan acar lalu disantap rame-rame bersama keluarga, teman atau saudara.


Selamat mencoba dan menikmatinya gaes.

Gimana, gampangkan?

Jika merasa ribet cukup pesan di Sarirasa Aqiqah saja : 085732016371 .




No comments:

Post a Comment

ARTI DAN DASAR AQIQOH VERSI NU

ARTI DAN DASAR AQIQOH VERSI NU ARTI DAN DASAR AQIQAH VERSI NU -Berikut ini akan kita uraikan tentang arti dan dasar AQIQOH VERSI N...